Review Produk Perusahaan IT yang Inovasinya Memberi Pengaruh yang Signifikan Bagi Masyarakat

Instagram

Instagram disebut juga insta atau IG adalah sebuah jejaring sosial media untuk berbagi foto atau video maupun story sehari-hari yang didirikan oleh perusahaan Burbn, Inc. pada tahun 2010. Perancang awal dari aplikasi ini adalah programmer yang bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger. Mereka berdua pernah berpengalaman bekerja di Google dan Twitter setelah itu memutuskan untuk membangun usaha aplikasi buatannya sendiri dengan mengembangkan Burbn yang dimana perusahaan tersebut berbasis aplikasi lokasi  yang dipadukan dengan fotografi mobile namun aplikasi tersebut sama dengan Foursquare yang dimana lebih populer terlebih dahulu. Maka akhirnya memutuskan untuk berhenti dari proyek tersebut hingga berfokus pada aplikasi berbagi foto dan video, yang disematkan fitur likes dan comments (menyukai dan berkomentar) jadilah sebuah nama aplikasi yaitu Instagram.

 

Icon atau Logo Instagram Awal (20 September 2011 - 11 Mei 2016)


Filosofi dari Instagram yaitu kata "insta" berasal dari kata instan yang menggambarkan seperti sebuah kamera polaroid atau kodak instamatic menangkap foto dengan instan. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata aplikasi obrolan "telegram" dimana cara kerjanya mengirim informasi kepada orang lain dengan cepat. Hingga dituangkan ide tersebut mejadi aplikasi yang dimana di dalamnya disatukan berfokus untuk membagikan foto maupun video ke jejaring sosial tersebut dengan ukuran rasio aspeknya yaitu 4:3 atau persegi pada awalnya. Perusahaan start up ini di desain untuk berfokus pada fitur bagian membagikan foto dan video, dengan fitur likes (menyukai) serta comments (komentar) pada sebuah foto atau video. 

Seiring berjalannya waktu aplikasi ini sangat populer bagi masyarakat seluruh negara yang ada di dunia karena lewat aplikasi ini kita dapat berbagi foto atau video karya kita dengan teman - teman, keluarga, kolega, kerabat - kerabat kita dan lain - lain. Bahkan terdapat fitur - fitur yang baru seperti insta story yaitu membagikan langsung keseharian kita dalam bentuk potrait atau tegak lurus dan juga ada berbagai filter efek sebelum kita ingin membagikan foto atau video kepada pengikut kita. Hingga sebuah perusahaan ternama yaitu Facebook tertarik untuk bekerja sama dengan instagram dan terjalin lah pada tahun 2012 facebook menaruh saham dengan harga $1 juta dollar AS (kurs 1 rupiah = 14.875). Lambat laun kedua perusahaan tersebut seperti simbiosis mutualisme yaitu saling membawa keuntungan bahkan penggunannya juga dapat akses kemudahan dalam berkarya.


Icon baru Instagram (12 Mei 2016 - Sekarang)

Pada awalnya intagram sendiri hanya sekedar menampilkan foto atau video keseharian kita  saja, namun berjalannya waktu platform media sosial ini memberikan jalan untuk digunakan sebagai media berdagang atau berbisnis secara online bagi para penggunannya. Dengan adanya fitur "tag" atau menandai akun yang dituju ini dapat memudahkan untuk mengunjungi halaman tersebut serta fitur lokasi pada sebuah postingan ini dapat memudahkan untuk mencari tempat ketika kita mau mengunjungi tempat tersebut pada sebuah postingan maupun di deskripsi profil akun. Produk dagangnya seperti makanan, baju atau kaos, celana, sepatu, aksesoris untuk segala hal contoh casing hanphone, jam dan ma
sih banyak lagi lainnya. Brand - brand ternama yang memiliki pengikut yang banyak contohnya adidas, nike, zara, balenciaga, versace, hermes, rolex, supreme, dan lainnya.

Konsep dagang dan bisnis itu yang menjadikan instagram populer dikalangan masyarakat nasional maupun internasional. Hal inilah memudahkan bagi pebisnis awal yang ingin berjualan tapi belum memiliki sebuah toko resmi. Tidak hanya itu, yang sudah memiliki toko resmi pun juga dapat menuangkan karya bisnisnya di platform online ini agar lebih banyak menarik perhatian konsumen karena sifatnya publik. Tidak dapat di pungkiri bahwa dengan hal sederhana seperti itu dapat dijadikan sebuah ladang perbisnisan bagi penggunanya hal ini lah aplikasi tersebut sangat berpengaruh. 

Kelebihan dari Instagram

  • Aplikasi ini gratis untuk di download bagi kalangan siapapun. Cukup dengan download di smartphone aplikasi instagram lalu mendaftar akun. Kemudian kita dapat sepuasnya menggunakannya.
  • Fasilitas instagram memudahkan dalam berbisnis online memungkinkan kita memasukan nomor telepon, alamat email, alamat toko fisik untuk memudahkan pelanggan menghubungi kita.
  • Mudah dalam penggunaan atau pengoperasian aplikasinya dengan hasil jepretan foto atau video lalu kita bagikan ke publik atau pengikut kita.
  • Dapat mempromosikan sebuah barang yaitu caranya dengan mengambil foto atau video kita dengan semenarik mungkin lengkap dengan keterangan detail pada kolom caption. Untuk mempermudah calon konsumen menemukan anda maka gunakan hastag yang populer dan relevan agar muncul di beranda pencarian instagram.
  • Instagram juga dapat terkoneksi dengan media sosial lainnya agar lebih mudah mencari pengikut jika sudah terkoneksi platform tersebut seperti Facebook, Twitter, dan Tumblr.
  • Memiliki banyak pengguna yang dapat memudahkan kita mencari pengikut dengan menggunakan hastag, sistem endorse, ataupun dengan iklan.

Kekurangan dari Instagram

  • Banyaknya spamming di instagram misalnya lewat komentar nah hal tersebut dapat mengganggu seperti adanya video bullying, hal - hal yang tidak penting untuk dibahas, dan perkataan yang diketik menyangkut body shamming atau memalukan postur tubuh seseorang.
  • Persaingan yang sangat ketat dalam bidang perbisnisan di instagram karena banyaknya pengguna yang mendownload aplikasinya sehingga kita harus ekstra dalam mencari sebuah ide untuk menarik daya perhatian konsumen.
  • Jika kita tidak selalu update konten untuk promosi bisnis maka tidak tertampilkan di timeline hal ini juga menjadi kekurangan instagram dalam metode penampilan harusnya di sesuaikan dengan waktu update postingan agar tidak tenggelam ketika mau upload gambar atau video.
Demikian sekedar dari review saya tentang instagram setiap sebuah aplikasi memang memiliki banyak kelebihan dan kekurangan juga tergantung pada bergeraknya pada bidang apa. Selebihnya aplikasi ini patut di acungi jempol karena dapat memudahkan segala hal yang biasanya sulit seperti tadi misalnya dalam hal berbisnis, kita bisa memanfaatkan dengan ide - ide cemerlang yang kita miliki agar menarik konsumen. Sekian, Terimakasihh.

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enterprise Resource Planning

Labuan Bajo

Spesifikasi, Model Bisnis, dan Sistem Manajemen Layanan